Skip to main content

Ini Jawabannya

Berawal dari sebuah rasa yang pernah ada, kemudian entah mengapa menjadi sering bercerita dan menuangkannya dalam suatu tulisan.

Ya, sejak duduk di bangku sekolah dasar kelas 6 sebenarnya aku mulai suka membuat puisi walau kusadari masih minim diksi juga tak sesuai dengan persyaratan penulisan, pernah juga aku sesekali mengarang lirik lagu dengan nada lucu untuk tertawa bersama dengan kawan-kawan kelas saat itu, lalu aku juga suka menuangkan perasaan, peristiwa-peristiwa yang kualami dalam sebuah buku harianku.

Berbagai cerita, gembira, duka, asa. Alhamdulillah tak disangka aku bersyukur sekali dapat bergabung dengan Odop ini, karena begitu banyak ilmu dan manfaat yang biidznillah kudapatkan dari Odop, semoga bisa lolos sampai tahap akhir biidznillah.

Di tantangan pekan kedua ini, tugasnya menentukan genre tulisan. Sebenarnya aku masih bingung dengan genre tulisanku, aku suka membagikan kisah-kisah yang pernah kualami, juga mau belajar bercerita tentang kisah orang lain yang mengandung hikmah maa syaa Allah dalam bentuk sebuah cerita, aku juga suka memberi informasi, motivasi dalam sebuah tulisan, namun juga pernah membuat puisi walau masih tak sesuai diksi.

Sebelumnya aku pernah mengikuti suatu projek kepenulisan di grup whatsapp dengan Mentor yang merupakan seorang Penulis berdomisili di Tarakan yang maa syaa Allah. Aku pernah bertanya kepada beliau, apa namanya dan termasuk kedalam genre tulisan apa jika bercerita tentang kisah nyata lalu ada motivasi setelah dituangkan kisah nyata tersebut.

Beliau mengatakan, itu namanya Memoar (mengangkat kisah nyata menjadi sebuah buku) dan dikategorikan nonfiksi.

Ternyata aku cenderung masuk ke dalam genre nonfiksi, namun aku juga suka dan mau terus belajar tentang fiksi dan nonfiksi. Aku ingin belajar tentang puisi, cerpen, novel, juga menulis tentang buku-buku motivasi.

Harapanku, nantinya akan ada buku tulisanku yang terbit, baik fiksi ataupun nonfiksi. Aku ingin terus menulis dengan harapan tulisanku bisa bermanfaat, menjadi amal jariyah, kebaikan untuk diri sendiri maupun bagi para pembaca.

Comments

  1. Smoga sukses dua duanya ,(fiksi dan nonfiksi)
    Semangat terus berkarya

    ReplyDelete
  2. Semoga sukses dua duanya(fiksi dan non fiksi)
    Semangat ,terus berkarya

    ReplyDelete
  3. Aamiin, semoga mba bisa menerbitkan buku suatu saat, baik buku antologi maupun buku single.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Entah Siapa Dan Dimana

Ada pertanyaan yang sering menghampiri begitu saja saat Sakinah memiliki waktu luang, "Siapa ya jodohku? Dimana dia? Sedang apa dia saat ini?" "Apakah dia sedang merasakan hal yang sama?" "Apakah dia menjaga dirinya hanya untuk seseorang yang halal baginya nanti dalam ikatan suci pernikahan? Atau dia sedang dekat dengan seseorang yang belum halal baginya kini?" Ada seorang perempuan bernama Sakinah, yang sedang belajar berlatih membiasakan diri untuk tegas, cuek dan bersikap biasa saja kepada lawan jenis. Ia lelah katanya, karena tak jarang merasa kecewa, ya! kecewa dengan harapannya sendiri, ia telah belajar dari masa lalu.. jika berharap pada manusia, pasti akan berakhir pada perasaan kecewa pula. Berbeda jika berharapnya kepada Dia Yang Maha Kuasa, pasti indah dan tenang dirasa. Karena merasa bosan dan lelah dibuat kecewa, ia malas dekat, malas menjalin hubungan dengan seorang lelaki yang belum halal baginya, atau singkatnya ia malas

Amal yang Diperebutkan Malaikat

Mendoakan Kebaikan Untuk Orang Lain

Keimanan seorang muslim dapat diukur dengan rasa kasih sayang terhadap saudara muslimnya yang lain. Salah satu bentuk kasih sayang ini adalah dengan cara mendoakan kebaikan untuk orang lain tanpa sepengetahuannya.  Nabi  shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda, “ Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri .” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 13 dan Muslim, no. 45] Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :  "Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama muslim) tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajabah. Di atas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang telah diutus. Sehingga setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan, “Aamiin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu.”  Mendoakan orang lain ternyata bukanlah aktivitas yang biasa dan tidak bisa dianggap spele, karena memiliki keut