Skip to main content

Penggiat Bahasa Yang Inspiratif : Silvana Devinta Sari

Hari ini aku akan menulis biografi tentang salah satu penanggung jawab di Komunitas ODOP Batch 7 dalam Grup London sebagai tantangan pekan terakhir. 

Aku memilih Mbak Silvana Devinta Sari, aku biasa memanggilnya dengan sebutan "Mbak Silvana". Aku memilih Mbak Silvana untuk menuliskan biografi beliau yaitu karena sangat senang dan tertarik ketika Mbak Silvana siang itu di grup London mengirimkan foto buku antologinya dengan Komunitas ODOP berjudul "Klasik" hingga aku pun mengetahui bahwa Mbak Silvana Devinta Sari, anak perempuan kedua dari dua bersaudara ini lahir di Mojokerto,  14 Maret 1983.

Mbak Silvana, putri dari seorang Ibu bernama Anny Hernawang S dan Bapak Bagus Hariadi ini memulai pendidikan pertamanya di SDK Tunas Nusa Harapan. 

Setelah, enam tahun mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar, beliau melanjutkan mengenyam pendidikan Sekolah Menengah Pertama pada tahun 1995 di SMPN 1 Mojokerto. Suatu sekolah berawalan angka 1 di depannya pastinya merupakan Sekolah favorit di suatu Kota/Daerah dan pada tahun 1998 beliau lulus kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Atas, lagi-lagi beliau berhasil memasuki SMA favorit di SMA Negeri 1 Sooko, Mojokerto hingga tahun 2001.

Bukan hanya sampai disitu perjalanannya menuntut ilmu, memasuki dunia perkuliahan Mbak Silvana merantau mengejar impiannya ke Surabaya untuk melanjutkan pendidikan S1 di salah satu Universitas terkemuka di Indonesia, Universitas Airlangga dengan jurusan yang diambil, jurusan Hubungan Internasional.

Lima tahun ditempuh Mbak Silvana menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Airlangga, tepatnya pada tahun 2006 beliau sukses mendapatkan gelar S.IP (Sarjana Ilmu Politik)

Kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggrisnya yang sangat baik, membuat Mba Silvana sejak duduk di bangku SMP banyak melakukan korespondensi lokal maupun Internasional.


Menurut Wikipedia, Korespondensi adalah istilah umum yang merujuk kepada aktivitas penyampaian maksud melalui surat dari satu pihak kepada pihak lain. 

Korespondensi dapat atas nama jabatan dalam suatu perusahaan/organisasi atau atas nama perseorangan. Kegiatan saling berkirim surat oleh perseorangan atau oleh organisasi disebut surat menyurat atau korespondensi.

Namun karena ada suatu kendala, akhirnya Mbak Silvana memilih untuk berhenti korespondensi dikarenakan ada suatu hal dan surat menyurat pun berhenti sejak tahun 2006.

Perempuan penyuka makanan Indonesia apa saja, kecuali semacam lontong kikil dan tahu campur ini sebenarnya sudah sejak tahun 2008 suka menulis di blog, namun karena kurang konsisten menulis akhirnya blognya pun sempat terhenti.

Akhirnya pada tahun 2017, Ibu dari seorang putri cantik bernama Azzura ini mulai mengikuti kelas menulis online karena beliau mengatakan ingin mengasah kemampuan menulis, karena dengan menulis ada hasil yang dapat di baca dan dapat membagikan ide-idenya melalui tulisan.

Sejak itu, seorang Ibu Rumah Tangga yang kini tinggal di Malang ini suka membaca dan mengikuti berbagai kelas menulis online. 

Mba Silvana tercatat sebagai Anggota dari Komunitas One Week One Book (OWOB) yaitu Komunitas yang sesuai dengan namanya, komunitas membaca satu buku satu pekan, beriringan dengan komunitas membaca, Mba Silvana juga tergabung dalam Komunitas menulis yaitu Komunitas One Day One Post (ODOP) yaitu satu hari satu posting dan sampai saat ini Mbak Silvana menjadi salah satu PJ di Grup London, London.. London... Ingin ku ke sana.. London.. London.. Pergi menjemputnya..

Hiyaaa, mohon maaf saat mendengar kata London, tiba-tiba aku jadi teringat salah satu lagu hits dari The Changcuters yang berjudul Hijrah ke London.

Kemudian setelah lulus S1 dari Universitas Airlangga, mbak Silvana tidak menunggu waktu lama dalam mendapatkan pekerjaan. Mbak Silvana diterima kerja di Atma English Course. 

Beberapa bidang yang digeluti diantaranya, menjadi Guru Bahasa Inggris, mengembangkan materi pembelajaran, membuat perangkat pengajaran, menyusun buku penunjang pengajaran, event fasilitator, pelatihan reguler bagi tutor, editor tabloid kursus Atma English Course.

Di tahun 2010, Mbak Silvana berkesempatan melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2. Beliau mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. 

Tiga tahun waktu yang ditempuhnya untuk menyelesaikan studi S2 hingga tahun 2013 Mbak Silvana sukses meraih gelar Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan istimewa sekali karena di tesis nya mba Silvana mengangkat "Blogging" sebagai penelitiannya, penelitian yang juga berkaitan dengan blog, untuk menulis.

Kecintaannya pada dunia literasi akhirnya membuahkan hasil. Debutnya dalam dunia kepenulisan melahirkan buku antologi pertamanya berjudul Perempuan Hebat, Antologi Puisi yang diterbitkan oleh Penerbit Anlitera pada tahun 2018,  kemudian disusul buku antologi keduanya pada tahun yang sama berjudul Ruang Tengah Cinta pada September 2018, satu bulan setelahnya mbak silvana menelurkan buku antologi ketiganya di bulan Oktober 2018 yang berjudul Sederet Cerita Para Pecinta.

Pramoedya Ananta Toer bukunya Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Cerita dari Digul, kemudian Andrea Hirata dengan buku Anak Orang-Orang Biasa dan Eka Kurniawan Cantik Itu Luka adalah tiga nama penulis beserta buku favoritnya.

Ibu rumah tangga yang memutuskan resign sejak tahun lalu ini beliau senantiasa mengatur waktunya antara keluarga, dan aktivitasnya dengan cara membuat jadwal pribadi, dan berusaha untuk menepati jadwal itu, meski tak mudah tapi harus tetap berusaha. 

Kemudian, Ibu dari putri cantik bernama Azzura ini membagikan tiga tips singkat namun sangat bermanfaat agar bisa menelurkan buku-buku sepertinya lho, uhuy kupaparkan di bawah ini ya :
1. Ikuti aneka komunitas literasi, banyak sekali komunitas yang membuat tantangan lalu kemudian bukunya diterbitkan, ada yang gratis ada pula yang tidak. Jadi ya ikuti saja aneka komunitas literasi
2. Agar ide muncul terus caranya dengan banyak membaca. Baca apa saja asal bukan buku bajakan dan ebook ilegal ya hehe
3. Perbanyak menulis, menulis apa saja dan dimana saja

Setelah itu mba Silvana mengatakan padaku bahwa "Nanti akan bisa merasakan kalau menulis itu adalah aktivitas yang kreatif dan juga membahagiakan" 

Maa syaa Allah sungguh sangat inspiratif, semoga semakin sukses berkarya, bermanfaat, menginspirasi banyak orang ya mba ditunggu karya selanjutnya  mba semoga impian-impian mba Silvana senantiasa dimudahkan dikabulkan oleh Allah

"Saya bersemangat dan penuh dedikasi untuk mengembangkan karier di bidang kepenulisan saya. Dunia literasi adalah passion baru bagi saya dan saya siap belajar untuk meningkatkan kemampuan saya di bidang ini."
- Silvana Devinta Sari -

Jika kalian ingin mengenal Mbak Silvana lebih dekat, kalian bisa mengunjungi blognya di 
silvanadevinta.blogspot.com yaa 😊Mbak Silvana sangat ramah, kalian juga dapat menyapanya lewat akun instagramnya di @silvanadevinta

Comments

Popular posts from this blog

Entah Siapa Dan Dimana

Ada pertanyaan yang sering menghampiri begitu saja saat Sakinah memiliki waktu luang, "Siapa ya jodohku? Dimana dia? Sedang apa dia saat ini?" "Apakah dia sedang merasakan hal yang sama?" "Apakah dia menjaga dirinya hanya untuk seseorang yang halal baginya nanti dalam ikatan suci pernikahan? Atau dia sedang dekat dengan seseorang yang belum halal baginya kini?" Ada seorang perempuan bernama Sakinah, yang sedang belajar berlatih membiasakan diri untuk tegas, cuek dan bersikap biasa saja kepada lawan jenis. Ia lelah katanya, karena tak jarang merasa kecewa, ya! kecewa dengan harapannya sendiri, ia telah belajar dari masa lalu.. jika berharap pada manusia, pasti akan berakhir pada perasaan kecewa pula. Berbeda jika berharapnya kepada Dia Yang Maha Kuasa, pasti indah dan tenang dirasa. Karena merasa bosan dan lelah dibuat kecewa, ia malas dekat, malas menjalin hubungan dengan seorang lelaki yang belum halal baginya, atau singkatnya ia malas

Amal yang Diperebutkan Malaikat

Mendoakan Kebaikan Untuk Orang Lain

Keimanan seorang muslim dapat diukur dengan rasa kasih sayang terhadap saudara muslimnya yang lain. Salah satu bentuk kasih sayang ini adalah dengan cara mendoakan kebaikan untuk orang lain tanpa sepengetahuannya.  Nabi  shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda, “ Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri .” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 13 dan Muslim, no. 45] Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :  "Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama muslim) tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajabah. Di atas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang telah diutus. Sehingga setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan, “Aamiin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu.”  Mendoakan orang lain ternyata bukanlah aktivitas yang biasa dan tidak bisa dianggap spele, karena memiliki keut